Thursday, September 1, 2016

DAPODIK 2016 ATAU DAPODIK G5

Berbicara masalah Dapodik memang tidak akan pernah ada habisnya, apalagi jika masalahnya tidak terpecahkan.
Kita mulai merasakan kedatangan Aplikasi baru namun kemunculannya pun berbeda, pada tahun 2016 ini pemerintah mulai meningkatkan lagi fasilitas yang tertera pada dapodik 2016 ini.
Jika kita perhatikan sebelum kemunculannya Dapodik mulai mengubah alamat server menjadi www.dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id dan ternyata bukan hanya alamat servernya saja tim pengembangan dapodik juga mengubah nama Dapodik menjadi Dapodikdasmen yaitu data pokok pendidik dan peserta didik pendidikan dasar dan menengah kalau dulu Dapodik hanya milik pendidikan dasar yaitu SD dan SMP namun dapodik kali ini menjadi 1 wadah yaitu Dapodik pendidikan dasar dan pendidikan menengah atau SD-SMP-SMA-SMK-LB dan tercapailah cita-cita pemerintah menyatukan semboyan "1 Nusa 1 Bangsa 1 Bahasa serta 1 Data".
Para Operator Sekolah pasti bertanya mengapa versi Dapodik kali ini tidak disebutkan Dapodik Versi 5.0.0 atau sering dikatakan Dapodik Generasi ke 5 (Dapodik G5). Atau mungkin sudah tergambar dipikiran Operator dengan mengucapkan "oh itu kan karena dapodik muncul tahun 2016".
Banyak hal yang sebenarnya muncul difikiran para Operator Sekolah yang sudah pasti bukan masalah Dapodik tidak disebut sebagai Dapodik G5 karena kemelut data dan honor Operator, sebenarnya tidak ada yang pasti apa-apa saja tugas Operator dan mengapa Operator dianggap sebagai Jabatan penting dan sebagai jantungnya sekolah dan lain sebagainya.
Kita belum tahu nasib Operator selanjutnya apakah Operator-Operator Sekolah hanya sebagai tugas tambahan guru? Taipi mana hitungan Jamnya dan apakah operator sebagai pekerja harian lepas tapi mana pembahasan honornya di juknis BOS yang bisa mengungkapkan Honor Operator Standar UMR.
Dan tidak asing lagi jika Operator memegang data 3-5 sekolah hal ini karena Honor yang sedikit dan minat pekerja dibidang komputer menolak untuk masuk. Dan memberikan kesempatan bagi kami para Operator untuk mendapatkan Honor tambahan, disamping kebutuhan selalu meningkat.
Saya jug tidak ingin lari dari pembahasan, Dapodikdasmen 2016 diberi nama tahun ini mempunyai beberapa alasan dan sebab yaitu:
1. Kemunculan Dapodik pada tahun 2016
2. Dapodik menjadi Dapodikdasmen
3. Bersatunya data SD-SMP dan SMA-SMK dan LB
4. dari sebab bersatunya data maka Dapodik G5 tidak berlaku, Karena Dapodikdas sudah 5 tahun sementara Dapodikmen baru 2 tahun berjalan.
Itulah alasan mengapa kemunculan Dapodik ini menjadi Dapodikdasmen 2016.
Salam 1 Data.

No comments:

Post a Comment