Wednesday, September 21, 2016

APA PENYEBAB DATA BERGANDA, MENGAPA ITU TERJADI..?

Lihat Gambar di atas ironis bukan

Satu hal yang mungkin kita rasakan, yaitu kurangnya komunikasi sesama Operator dan kurangnya interaksi dengan Kepala Sekolah serta Wali Kelas.
hal yang mungkin sering dianggap sepele oleh kita namun itu bisa terjadi hal yang fatal. mungkin menurut kita itu tidak masalah dan Dana BOS bertambah, namun jika dari pihak pemetintah merupakan kerugian Negara.Bayangkan jika 1 Sekolah ada 2 nama siswa yang Ganda dikali sekolah seluruh indonesia jika rata-rata provinsi terdapat 5.000 sekolah dan di kalikan dengan 34 Provinsi serta dikalikan dengan jumlah Dana BOS persiswa sudah berapakah kerugian Negara Kita.

Gambar Jumlah Sekolah per Provinsi
Sumber : sdm.data


Dengan adanya sistem Baru di dapodik mendeteksi data siswa yang berganda. jangankan NISN,yang sifatnya umum NIS yang dikhusukan hanya untuk urutan sekolah saja dan tidak secara nasional data dapodik memvalidasinya. dan terbaca NIS berganda.

Setiap terjadinya proses mutasi siswa diharapkan sesama Operator dapat saling berkomunikasi hal apa saja yang terkendala dengan siswa mutasi tersebut
Bersama Guru Operator juga harus ada interaksi dan Kepala Sekolah tetap mengkoordinasi seluruh anggotanya agar terciptanya haltersebut bentuklah sebuah Forum/group yang dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi baik sesama guru maupun sesama Operator.

Mari sama-sama kita bangun warga sekolah yang cerdas dan manfaatkan kecanggihan Teknologi sebagai jembatan. dizaman sekarang ini kebutuhan untuk menguasai IT sangatlah diperlukan. Baru-baru ini Pemerinta sudah meresmikan Pelatihan Guru Pembelajar sebagai peningkatan Kompetensi Guru, agar Guru-guru Indonesia tidak kalah saing dengan Negara Lain.

Memang dinegara kita masih terlalu asing dengan adanya sistem pembelajaran Online bagi guru, akan tetapi dinegara lain sistem ini sudah merambah ke siswa dengan belajar mandiri dan di bimbing Mentor dan pengampu secara Daring (Dalam Jaringan) ataupun Luring (Luar Jaringan) para siswa mampu belajar dirumah (Home Schooling)

No comments:

Post a Comment