Saturday, October 26, 2013

Masalah Kode Registrasi Tidak Ditemukan dapodik 2013



Banyak kekurangan dan permasalahan dalam aplikasi dapodik 2013 ini. Salah satu masalah utama pada dapodik 2013  yang sering menjadi keluhan oparator adalah saat membuka download prefill dapodik, muncul tulisan
 Kode Registrasi Tidak Ditemukan. Padahal seluruh proses instalasi sudah dilakukan dengan benar, aplikasi sudah yang terbaru,  Ada beberapa penyebab mengapa terjadi hal demikian di antaranya :

Masalah Kode Registrasi Tidak Ditemukan



1. Kesalahan dalam memasukkan kode registrasi yang didapatkan dari Disdik


Pengentrian KOREG mungkin ada yang kurang benar, silakan dicermati huruf dan angka koreg tersebut. Biasanya kesalahan menginputkan koreg contoh angka "0" nol dientry dengan huruf  "O" atau sebaliknya, angka 1 di entry "I" dan sebaliknya.

2. Tidak dibuatkan folder prefill dapodik di Drive C Komputer/Laptop


Tidak dibuat folder prefill di drive c komputer maupun kesalahan nama dalam membuat folder prefill bisa menjadi kode registrasi tidak ditemukan, silakan buka cara memasukkan prefill dapodik di komputer.

3. Ada kesalahan error prefill dari Kemdikbud.


Hal seperti ini, wajib dilaporkan ke Kemdikbud bisa via email ( infopendataan.dikdas@gmail.com, sekretariat.dikdas@gmail.com, koderegistrasi@gmail.com  pendataandikdas@gmail.com)  

2 comments:

  1. bagi peserta didik baru yang kurang dari 5 tahun akan menjadi invalid pada validasi dapodik... apakah jika dirubah data waktu kelahiran bisa?

    ReplyDelete
  2. Bisa jika wali murid mau merubah akte kelahirannya agar data yg kita masukkan ridak rekayasa, setelah itu kita tambahkan siswa kelas 1 atau jika setelah syncron rubah di verval PD di kolom edit data dan scanning akte kelahirannya,,, trima kasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete