Saturday, June 6, 2015

DILEMA DAPODIK DAS-MEN

Kurang lebih sudah 3 Tahun kesuksesan Dapodik menjadikan Pendataan dibidang Pendidikan Indonesia mulai dari Sertifikasi Guru sampai kepada NISN siswa.
Namun selama tiga thun jugalah suka duka yang di alami Operator tidak banyak oknum yang tahu, hanya segelintir orang yang bermasalah dengan datanya yang tahu namun belum tentu ia juga bisa memahami semua permasalahan tersebut. tapi semua masalah itu sudah menjadi makanan sehari-hari para pemegang data Dapodik yaitu Operator Dapodik.
Dengan adanya Dapodik banyak yang merasa datanya dipersulit mereka menganggap data Dapodik ini selalu menimbulkan masalah dimana-mana.
Tapi anggapan seperti itu adalah salah, karena setiap hal yang masih baru dengan metode baru masih banyak yang beranggapan rumit padahal karena kita belum memahaminya secara penuh oleh karena itu menjadi kesulitan yang berkepanjangan.
Secara mendasar sistem pendataan dapodik ini sangatlah mudah dengan cara kita memahaminya dulu dari segi pengaturan dan penginstalan pada komputer, hal ini menjadi syarat yang paling mendasar dengan kita memahami cara seperti itu sistem-sistem pendataan online lainnya seperti vervalpd, vervalptk, program indonesia pintar, serta program dana bos mengacu pada pusat data dapodik dan menjadi pusat data yang valid. 
Dengan demikian pendataan yang menggunakan sistem pada Dapodik menjadi pusat data yang valid pada intinya penerapan dapodik disetiap sekolah-sekolah menjadi suatu hal yang paling utama bahkan bisa dianggap sebagai jantungnya sekolah, ini terbukti dengan adanya pdendataan mengatasnamakan kemendiknas dan segala hal yang mengacu pada pendataan online dengan syarat-syarat tertentu dan dengan ancaman-ancaman tertentu membuat para guru, bahkan guru sertifikasi menjadi ketakutan.
Dengan tidak adanya melakukan pendataan tersebut maka segala tunjangan tidak akan dibayarkan. sekolah-sekolah yang tidak melakukan pendataan tersebut apa yang akan terjadi ? mereka masih tetap mendapatkan tunjangan-tunjangan tertentu.
pemasaran yang paling mendasar disetiap sekolah-sekolah adalah pada saat penerimaan siswa baru sekolah yang menggunakan Dapodik dan sekolah yang tidak menggunakan Dapodik menjadi suatu permasalahan yang sangat fatal dikarenakan data NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) tidak terdata di situs http://nisn.data.kemdiknas.go.id apa yang akan terjadi jika data siswa tersebut tidak ada di situ http://nisn.data.kemdiknas.go.id selama ini pada setiap pendaftaran-pendaftaran siswa baru di sekolah SMP maupun SMA dengan ketidakmerataannya sistem pendataan Dapodik siswa dan operator menjadi dampak dari suatu masalah yang telah terjadi seperti saat sekarang ini mungkin tidak terlalu banyak diperhatikan atau bahkan yang berkepentingan pada Dapodik tidak terlalu mengetahuinya akan permasalahan tersebut, kesalahan pada operator juga masih ada yang kurang memahami sistem pendataan dapodik seperti di SMP siswa yang mendaftar ke SMA terdapat kesalahan nama dan tanggal lahir siswa berbeda, pihak SMA tidak menerima anak tersebut mereka akan menerima dengan catatan apabila memiliki surat keterangan dari sekolah yang menerangkan bahwa siswa tersebut diurus NISNnya. 
Namun pihak SMP tidak bisa memberikan Surat Keterangan tersebut dikarenakan kesalahan data tersebut bermula dari SD hal ini menjadi dilema karena pada intinya siswa mengalami masalah pada NISN menjadi bingung dan bimbang dikarenakan harapan yang masuk SMA yang diinginkan menjadi terhambat dikarenakan data tidak sesuai.
Ini adalah sebuah dilema yang selalu terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,  apakah ini masih berlanjut pada tahun berikutnya ? maka kami harapkan setiap para pemangku Dapodik memberikan perhatian kepada para Operator dengan diadakan pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan Dapodik dari segi online dan aplikasi dapodik, agar setiap Operator bisa menghadapi masalahnya masing-masing.
Diharapkan pada pemangku Dapodik memberikan atau melatih satu diantara kecamatan-kecamatan agar setiap permasalahan yang belum dialami oleh Operator dapat diselesaikan oleh Operator Kecamatan yang mampu menyelesaikan setiap masalah. permasalahan-permasalahan yang menyangkut mengenai Dapodik yang tidak bisa diselesaikan dengan waktu yang lama.
Mungkin ini permasalahan kecil ini tidak terulang lagi terjadi, disebabkan oleh kurangnya ilmu dari para Operator Sekolah. 
Permasalahan kecil ini tdak akan menjadi permasalahan yang akan berlanjut sampai ke tingkat SMA nantinya

No comments:

Post a Comment